Pages

Ads 468x60px

Friday, November 16

9 Waktu yang Bagus untuk Menasehati Anak

Anak-anak adalah amanat bagi orang tua. Maka menjadi tugas orang tua untuk mendidik, membimbing, dan mengarahkan anak agar berkembang dengan baik sesuai dengan fitrah kemanusiaannya.

Namun demikian, sebagai pribadi, anak juga memiliki keinginan-keinginan yang kadang menyimpang dari jalan yang sementinya. Di sini lah peran orang tua kembali diperlukan untuk bertindak sebagai penasehat sekaligus pembimbing.

Menasehati anak bukan merupakan pekerjaan mudah dan sepele. Diperlukan strategi dan metode yang tepat untuk menasehati anak agar nasehat yang diberikan dapat diterima anak. Selain menggunakan cara yang tepat dan bahasa yang mudah dipahami anak, kita juga perlu memperhatikan kapan saat yang tepat untuk memberi nasehat kepada anak. 

Berikut ini 9 waktu yang tepat untuk memberi nasehat kepada anak sehingga nasehat yang diberikan dapat diterima dan membekas di hati anak:

1. Sebelum anak tidur (dengan kata-kata lembut tentunya)
2. Ketika anak sedang tidur (dengan cara membisikkan di telinga anak)
3. Selepas anak bangun tidur (dengan kata-kata yang membangkitkan semangat)
4. Selepas anak mandi (dengan kata-kata lembut dan nasehat terkait dengan kebiasaan sehari-hari)
5. Selepas anak shalat (dengan kata-kata halus dan kisah-kisah inspiratif serta terkait dengan pembangunan maupun pengembangan jiwa anak)
6. Selepas anak membaca al-Qur'an (terkait dengan kisah teladan dan pentingnya ibadah)
7. Selepas anak berdoa (jelaskan dengan bahasa anak pentingnya berdo'a dan bagaimana semestinya sikap orang yang sering berdoa)
8. Selepas anak melakukan perbuatan baik kepada orang lain (sambil memberi pujian selipkan juga nasehat agar anak semakin bersemangat dalam berbuat baik kepada orang lain dan lingkungan)
9. Ketika emosi anak sedang terangsang (misal, setelah anak marah, nasehati dengan kata-kata yang lembut dan beri penjelasan dengan bahasa anak mengapa tidak boleh memperturutkan emosi dan bagaimana cara bersikap ketika sedang emosi).


Demikian 9 waktu yang bagus untuk memberi nasehat kepada anak, dan biasanya jika nasehat dilakukan dengan cara dan waktu yang tepat, maka anak akan menerima nasehat tersebut sekaligus nasehat tersebut akan benar-benar membekas dan membentuk pribadi anak.


Semoga bermanfaat bagi kita semua....

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment