Pages

Ads 468x60px

Tuesday, November 27

6 Syarat Mencari Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan adalah matahari yang akan menyinari jiwa dan kehidupan seseorang. Namun, ilmu pengetahuan bukanlah sesuatu yang ada dengan sendirinya (taken in granted), ilmu pengetahuan hanya dapat dimiliki dan dikuasai ketika kita berusaha dan bekerja keras untuk mendapatkannya.

Ada enam faktor yang perlu dan harus diperhatikan agar usaha untuk mencari dan menguasai ilmu pengetahuan terbuka lebar bagi siapapun yang menghendakinya. Enam hal tersebut adalah:

1. Mampu Menggunakan Nalar

Ilmu pengetahuan adalah makanan dari akal, maka hanya orang-orang yang mampu menggunakan akalnya yang akan mampu menyerap dan mendapatkan ilmu pengetahuan.

2. Tekun 

Penguasaan ilmu pengetahuan bukanlah sesuatu yang bersifat instan, namun sebuah proses panjang untuk mengumpulkan berbagai serpihan pengetahuan, menatanya, dan membangunnya sebagai sebuah bangunan pengetahuan utuh dan tidak sepotong-potong. Proses ini tentu saja memerlukan keuletan, ketekunan, dan kejelian agar bangunan pengetahuan yang dihasilkan benar-benar utuh dan tidak menyesatkan.

3. Memiliki Kesabaran

Penguasaan ilmu pengetahuan bukanlah sesuatu yang bersifat instan, namun sebuah proses panjang transformasi nilai dan materi secara perlahan dari sumber pengetahuan (para guru dan lingkungan) kepada si pencari ilmu pengetahuan. Ini jelas membutuhkan kesabaran dan ketabahan.

4. Memerlukan Biaya

Biaya di sini bukan dalam pengertian sempit berupa finansial, meskipun finansial termasuk di dalamnya. Biaya di sini memiliki pengertian sebagai segala sesuatu mesti dicurahkan agar proses belajar dan mencari ilmu pengetahuan menjadi memungkinkan dan mudah dilaksanakan. Biaya di sini mencakup waktu, kesempatan, dan finansial.

5. Kerja Keras Guru

Mencari ilmu pengetahuan berarti melakukan sebuah proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar adalah sebuah proses transformasi nilai dan materi pengetahuan dari sumber belajar (guru) kepada peserta belajar (murid). Oleh karena itu, guru merupakan salah satu faktor utama sukses atau tidaknya sebuah proses transformasi ilmu pengetahuan. Guru yang mengajar dengan sepenuh hati dan mencurahkan segenap daya serta upaya agar proses transformasi pengetahuan yang dilakukannya benar-benar mampu diterima dengan baik oleh peserta didiknya, tentu akan menghasilkan output yang berbeda dengan guru yang mengajar sekedar dan ala kadarnya.

6. Memerlukan Waktu

Karena belajar merupakan sebuah proses, maka belajar dan proses transformasi ilmu pengetahuan tentu saja memerlukan waktu yang cukup panjang agar transformasi yang dilakukan benar-benar sesuai harapan.

Demikian enam hal yang diperlukan agar usaha untuk mencari ilmu pengetahuan dan pengembangannya menemukan jalan kemudahan.

Semoga bermanfaat bagi kita semua, amin...

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment